Harga rumah dan faktor yang mempengaruhi

Untuk menentukan harga rumah orang  dan faktor yang mempengaruhi adalah dengan menanyakan kepada teman atau keluarga yang tinggal di daerah setempat baru menayakan harga sesungguhnya kepada agen real state yang resmi pada daearah tersebut.
Selain pajak, lokasi dan berbagai fasiltas yang tersedia di tempat itu maka faktor lain yang sangat berpengaruh adalah tingkat kebisingan, bau dan sebagainya.

Umumnya pembeli hanya melihat kondisi rumah, seperti luas tanah, jumlah kamar, akses ke jalan tol dan gembira bisa membeli rumah tersebut. Kondisi lingkungan kadang-kadang tidak mereka pikirkan. Misalnya pada saat membeli lingkungan sekitar belum mengalami banjir. Setelah beberapa tahun kemudian perumahan tersebut mengalami kebanjiran. Akibatnya harga rumah di daerah tersebut bisa turun dengan drastis.

Ada kalanya menaksir, menilai dan menentukan harga rumah cukup sulit. Biasanya pengembang akan me 'mark-up' harga rumah sampai bisa berkali-kali lipat. Jika dinilai harga bangunan rumah dan tanah tidak sebanding dengan harga yang ditawarkan.
Untuk menghitung harga rumah yang sebenarnya tidak ada salahnya untuk mengunakan jasa taksir harga rumah untuk memberikan perhitungan atau prediksi nilai harga rumah yang sebenarnya.
Masalah yang sering timbul adalah ketika untuk membeli rumah anda meminjam uang ke bank. Pihak bank juga akan melakukan survey dengan rumah yang akan anda beli untuk layak tidaknya pemberian kredit yang akan anda minta, hal ini sering selisih jauh kisaran atau taksiran harga yang diberikan oke pihak bank dengan harga yang ditawarkan oleh pengembang. Hal ini terutama untuk tipe rumah-rumah besar atau mewah.

Faktor yang mempengaruhi harga rumah tidak hanya nilai tanah atau nilai bangunan tetapi fasilitas yang sudah tersedia di dalam atau disekitar area perumahan. Misalnya tidak jauh dengan supermarket, mall, sekolah, fasilitas olah raga, tempat ibadah dan lain-lain. Analisa dan apraisal harga rumah sering dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut.

Jika menginginkan harga rumah dimana saja anda dengan mudah melihat, cukup dengan brousing di internet. Biasanya di situs-situs tersebut menampilkan foto, ukuran serta harga rumah yang akan ditawarkan dan lokasinya. Jenis rumah seperti tipe 36, 45, 72 atau rumah minimalis lainnya dan luasnya bisa berbeda untuk setiap kota di Indonesia.
Untuk kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Cikarang, Surabaya sudah mempunyai perumahan-perumahan yang sudah terkenal dan juga nama-namanya. Perumahan Cikarang baru, Citra gran Cibubur, , Citra Indah, Eramas 2000, foresta BSD, Emerald Bekasi, adalah contoh nama-nama perumahan yang sudah terkenal. Hal ini dikarenakan dibangun oleh pengembang yang sudah terkenal.

Tidak semua masyarakat tertarik dengan langsung membeli rumah di perumahan. Banyak juga membeli secara parsial. Artinya membeli secara bertahap. Misalnya mereka membeli lahan terlebih dahulu. Setelah beberapa waktu kemudian membeli bahan bangunannya. Lalu membangun rumah sesuai dengan selera masing-masing si pemilik rumah. Bahan yang digunakan sesuai dengan keinginan dengan harga yang lebih murah dengan mutu yang baik.
Ada juga yang membeli tanah dan membangun rumahnya sekaligus.

Untuk rumah-rumah yang dikelola oleh pemerintah seperti melalui KPR dengan bank BTN menargetkan untuk perumahan untuk rakyat dengan harga murah atau yang lebih terjangkau dan lebih mengutamakan untuk rumah-rumah dengan tipe sederhana. List atau daftar harga rumah juga anda bisa peroleh pada setiap cabang bank tersebut atau rumah yang telah disita kembali oleh pihak bank ataupun juga over kredit. Baik yang sederhana maupun yang minimalis.

Indeks harga rumah bisa juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti kenaikan bbm atau gas. Sebagi contoh bahan bakar untuk membuat keramik adalah gas. Jika gas naik maka harga keramik juga naik. Imbasnya harga properti juga ikut naik terutama untuk membangun rumah baru.
Hal ini juga menyebabkan kenaikan rata-rata pertahun harga rumah mengalami kenaikan. Hal ini dapat dengan mudah jika kita melihat grafik kenaikan harga rumah jika brousing di internet.

Jika anda sudah memutuskan rumah yang akan anda beli, tentu setelai menilai dan melakukan nego pastikan semua surat-surat yang diperlukan, termasuk format surat penawaran dan tentu saja harga standard yang telah disepakati bersama. Sertifikat rumah beserta surat-surat pendukungnya seperti pajak, rekening listrik, air yang terakhir harus anda miliki sebelum anda meneken surat pembelian.


.

2 comments: