Per meter ukuran yang sering dipakai

Harga keramik lantai per meter
Harga keramik lantai per meter adalah ukuran yang sering dipakai untuk pemasangan ubin keramik terutama dalam jasa. Lebih tepat lagi dalam m2 atau persegi. Harga tersebut sangat bervariasi kalau dalam jasa pemasangan tergantung jenis ubin yang dipakai, tempat pemasangan, upah masing-masing di daerah sangat bervariasi seperti di Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang dan kota besar lainnya di Indonesia.

Jika menggunakan jasa tukang biasanya digabung dengan pemasangan yang lain seperti genteng. mozaik, beton tergantung apakah anda sedang membangun rumah, renovasi atau hanya dalam perbaikan.
Kalau ubin biasanya juga sudah dikemas dalam box atau dus yang berisi dalam jumlah tertentu oleh si penjual. Misalnya 1 dos berisi 25 buah dalam 1 m2 untuk ukuran 20 x 20 harganya bervariasi antara Rp 90.000 - Rp 100.000., kalau ukuran 40 x 40 berisi 6 buah untuk pemasangan 1 m2 dan seterusnya.

Begitu juga dengan jenis keramik yang anda beli yang paling umum seperti Roman yang miempunyai spesifikasi golongan A sampai E, golongan E adalah harga yang paling mahal.
Begitu juga dengan jenis keramik lain seperti Mulia, Milan, Hercules atau jenis apapun yang baru muncul akan mempunyai daftar harga tersendiri yang akan diberikan oleh toko penjual, semua tergantung kepada kualitas bahan material.
Pilihan jenis keramik sangat beragam, semua sangat tergantung kepada budget yang anda sediakan untuk itu.

Anda dapat memilih warna, tekstur sesuai dengan desain rumah yang anda inginkan. Mungkin untuk lantai warna yang paling disukai adalah warna krem dan warna gelap untuk pemakaian di dapur. Semua itu dapat anda pilih, biasanya toko penjual mempunyai galleri keramik yang akan ditunjukkan semua jenis keramik yang mereka punyai, selain brosur.

Hal yang terpenting sebelum memasang keramik pada area mana yang akan anda pasang. Jika dipasang pada lantai kamar mandi tentu anda akan memilih yang anti slip demi keamanan, apalagi dalam rumah anda ada orang tua. Karena umumnya jenis keramik adalah licin, itu sebabnya kalau diruang tamu juga dilapisi dengan karpet.
Selain itu sifat keramik juga mudah retak, dan itu juga anda harus membeli ekstra sehingga ada kecocokan warna untuk cadangan jika suatu saat ubin anda mengalami keretakan atau rusak karena dijatuhi benda berat.

Pemasangan lantai keramik juga bisa dikatakan cukup gampang. Hal ini disebabkan keramik juga dapat dipotong sesuai dengan ukuran yang dikehendaki. Hal ini sangat penting terutama jika pemasangan pada sudut-sudut ruangan yang membutuhkan potongan-potonngan yang lebih presisi. Tukang tidak akan kesulitan karena ada alat pemotong khusus untuk keramik.

Teknologi pembuatan keramik saat ini juga sudah semakin maju terutama dalam desain dan warna dan tekstur. Ubin keramik saat ini dapat dibuat menyerupai kayu, bahkan sulit dibedakan dengan kayu kalau hanya dengan melihatnya, setelah anda injak baru anda yakin bahwa itu ubin.

Ubin keramik salah satu bahan untuk lantai, dinding yang paling umum dipakai untuk rumah, karena siftatnya yang tahan lama dan paling mudah dibersihkan bila dibandingkan dengan jenis material lain. Pemakaian ubin keramik biasa dipakai pada perumahan dan juga komersial.

Salah satu hal terpenting adalah tukang yang akan memasang ubin, tarif tukang juga bisa berbeda-beda sesuai dengan pengalaman dan hasil kerjanya. Jika tukang yang asal-asalan kemungkinan anda bisa kecewa dengan kerjaan mereka.
Pernah ketika tetangga saya sewaktu merenovasi rumah mereka di Jakarta, justru mereka mendatangkan tukang dari daerah asalnya Jawa tengah, walau menanggung trasport dan biaya penginapan para tukang yang jumlahnya lima orang tersebut di Jakarta. Tetapi pemilik rumah sangat puas dengan kerjaan mereka walau biaya yang dikeluarkan lebih besar sedikit, sebab hasil kerjaan mereka investasi dalam jangka panjang.
Upgrade yang anda lakukan terhadap rumah  akan menambah nilai rumah tersebut, termasuk harganya akan naik secara signifikan dibanding dengan biaya renovasi yang anda lakukan.



2 comments:

  1. Harga keramik per meter nya semakin mahal saja, dengan gas yang naik harga keramik juga naik dan otomatis harga properti juga naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu Mpok Karni...sudah bersimbiosis mutualistis...dan harga properti semakin hari semakin melangit

      Delete